BERITA

PPDB SMP Kota Salatiga

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2017 secara online untuk SMP Negeri di Kota Salatiga akan dilaksanakan pada tanggal 19 s/d 21 Juni  2017. Pendaftaran dapat dilakukan mandiri oleh calon peserta didik melalui laman PPDB Kota Salatiga atau melalui loket langsung di 10 SMP Negeri di Kota Salatiga. Baik yang mendaftar online maupun melalui loket harus melakukan verifikasi berkas di Sekolah yang dituju.

Laman PPDB Kota Salatiga adalah https://salatiga.siap-ppdb.com/  dengan menu-menu untuk pendaftaran langsung, aturan, lokasi,  jurnal sementara atau hasil seleksi maupun statistik pendaftar dan pagu per sekolah. PPDB online untuk SMP sederajat sudah berjalan selama 6 tahun dan Dinas Pendidikan Kota Salatiga seperti yang sudah-sudah  tetap menggunakan aplikasi dari PT. Telkom. Tahun-tahun yang lalu pelaksanaan PPDB secara online untuk SMA/SMK dan SMP masih kewenangan di Dinas Pendidikan Kota salatiga, tetapi untuk tahun ini pelaksanaan yang ada di bawah naungan Dinas Pendidikan kota Salatiga hanya untuk jenjang SMP saja, karena SMA dan SMK di kota Salatiga sudah dialihfungsikan di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Pelaksanaan PPDB Online ini bertujuan untuk menciptakan transparansi, validasi data karena dilakukan dengan daring dan terpantau oleh masyarakat umum. Rangkaian persiapan PPDB ini diawali dengan pembentukan Juknis PPDB Kota Salatiga yang sudah terbentuk sejak bulan Maret 2017 dan mendahului Juknis PPDB jenjang SMA/SMK yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Sosialisasi aplikasi dari Dinas Ke Satuan Pendidikan Sekolah penyelenggara PPDB online dilakukan 2 kali untuk pemantapan dan pendalaman pemahaman sistem yang selalu berkembang.

Semoga pelaksanaan PPDB di Kota Salatiga dapat berjalan lancar dengan hasil yang maksimal sehingga terjaring siswa-siswi Peserta Didik Baru yang lebih baik, kompeten dan mumpuni sehingga dapat mengangkat kualitas pendidikan Kota Salatiga untuk mendukung Kota Salatiga menjadi Kota Pendidikan.

 

Juknis PPDB Kota Salatiga dapat diunduh disini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close