Artikel

Informasi Dapodik versi 2021

Sehubungan dengan telah di rilisnya Dapodik tahun 2021 yang penggabungan aplikasi Dapodik Paud Dikmas dan Dapodikdasmen SD SMP. Dapodik masih menggunakan installer dengan registrasi data awal bisa menggunakan offline (unduh prefill dan copy hasil prefill ke C:\prefill_dapodik ) dan online. Silahkan unduh file aplikasi dan prefill di https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Sebelum instal pastikan PC/Laptopnyasudah windows 10,karena jika masih windows 7 akan banyak yang gagal instalasinya.
PD hasil PPDB bagi yang kemarin mendaftarkan sudah masuk ke dapodik masing2 sekolah, dan yang belum maka silahkan tarik data dari lulusan jenjang sebelumnya atau tambah PD baru jika lulusan dari RA atau MI.

Perubahan signifikan pada dapodik versi terbaru ini adalah :
1. Semua akun yang di daftarkan di dapodik harus email yang valid dan tervalidasi (validasi akan dikirim kan ke email tersebut) Verifikasi akun pada sistem Dapodik dilaksanakan sampai dengan Sabtu, 31 Oktober 2020. Akun yang tidak terverifikasi sampai dengan batas waktu tersebut akan dihapus dari database Dapodik. Untuk akun operator sekolah bisa dari tahap validasi terlebih dahulu baru registrasi dapodik atau sebaliknya.
Verifikasi akun dilaksanakan pada laman berikut ini:

Verifikasi akun Operator Sekolah: https://sp.datadik.kemdikbud.go.id
Verifikasi akun PTK: https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id

  1. Di menu sinkronisasi terdapat 2 fungsi yaitu sinkronisasi (2 arah) dan harus valid semua dan tarik data (satu arah dr server pusat ke local pc) tidak melihat status validasi data.
  2. Sarana prasarana dan perhitungan kerusakan. Perhitungan kerusakan dimulai dari pondasi terlebih dahulu trus sampai keatap. Jika pondasi ada kerusakan parah maka semua bangunan juga menjadi parah, tidak perlu mengisi lainnya. Tetapi jika pondasi baik maka lanjut ke lainnya dan seterusnya.
  3. Tambah PTK untuk sekolah Negeri kewenangan ada di Dinas Pendidikan sedangkan untuk sekolah swasta di Yayasannya, maka tiap yayasan harus mendaftarkan akun di sdm.data.kemdikbud.go.id dan setelah itu membuat akun yayasan/mendaftarkan yayasan di http://vervalyayasan.data.kemdikbud.go.id/ , sedangkan penambahannya di http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/tambahPTK
  4. Manajemen online dapodik pindah alamat ke https://sp.datadik.kemdikbud.go.id , hal terkait tarik dan tambah pd, mutasi PTK, dan lainnya beralih ke halaman tersebut.

NB : Segera dikerjakan karena cut off BOS terdekat tanggal 31 Agustus 2020. Dan agenda bulan agustus yang padat supaya meluangkan waktunya segera diselesaikan.

saat ini login manajemen agak tersendat maka mohon bersabar.

 

Instalasi dan Registrasi Dapodik Versi 2021

Trouble Shooting Install Dapodik 2021

Penjelasan pengisian data identitas dan data rinci sekolah di dapodik

Penjelasan Portal Manajemen Sekolah

Manajemen Satuan Pendidikan dan Update Akun GTK

Konsep Dasar Input Data Sarpras di Dapodik

Cara Menghapus Bangunan dan Ruang di Aplikasi Dapodik

Menambah Siswa dan Membatalkan Kelulusan Siswa di Dapodik

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close